Qurban? Lihat Dulu Kebersihan dan Kualitasnya

Foto : Ilustrasi
TIDAK lama lagi, kita akan menjumpai hari raya qurban, apa kita sudah siap
Apa kita sudah mempersiapkan qurban terbaik kita?
Nah, itu jadi tugas mental yang harus kita fikirkan dan menjadi tugas moral dalam hubugan sosial.

Jika sudah mempunyai harta lebih, tidak salahnya kita saling berbagi, tidak punya banyak uang untuk membeli Sapi dan hanya cukup membeli domba it’s ok, itu sudah alhamdulillah.

Tak hanya itu, lebaran nanti pasti banyak pedagang yang menjual daging, namun yang jadi pertanyaan apakah daging tersebut layak kita konsumsi.

Tahukah anda bagaimana cara melihat daging yang kita beli itu baik, sehat atau tidakkah dia. Nah semua itu harus melewati riset, atau beberapa tahapan seperti berikut :

Belilah daging yang tidak penyakitan dan telah melewati pengecekan kesehatan. Dalam menyembelih, menguliti hewan kurban, memotong, memindahkan, menjaga dan memasak daging hewan kurban, kita diharuskan memperhatikannya.

Dianjurkan melakukan penyembelihan, pengulitan dan pemotongan daging di tempat yang sejuk, darah, usus dan kotoran yang lainnya tidak boleh dibuang ke sembarangan tempat ataupun ke air yang mengalir.

Daging dapat bertahan di dalam kulkas selama 2-3 hari, kalau daging giling itu dapat bertahan selama satu hari. Namun, jikan ingin menyimpannya lebih lama lagi, simpanlah daging tersebut dalam keadaan potongan-potongan kecil di dalam freezer.

Untuk mencairkan daging yang telah dibekukan, letakkanlah daging tersebut di rak bagian bawah kulkas.

Meletakkan daging yang telah dimasak dalam keadaan panas ke dalam freezer, maupun meletakannya lebih dari 2 jam di ruangan yang panas. Sebelum dan sesudah menyiapkan daging mentah, cucilah tangan dengan bersih kemudian keringkan.

Sekilas mengenai daging kurban, jangan lupa ya siapkan daging qurban terbaik anda? Ingat Allah mencatat semua kebaikan kita.

3 comments: