Sifat-sifat yang Harus Ada Pada Orang yang Menuntut Ilmu

Foto : Ilustrasi

KATA ilmu, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena sebagian besar penduduk Indonesia sejak kecil sudah diperkenalkan dengan ilmu. Baik ilmu alam, sosial, budaya, politik dan ilmu lainnya yang tidak mungkin penulis sebutkan satu-satu.

Kata ilmu berasal dari bahasa Arab, berasal dari kata jadian ‘alima- ya’lamu- ‘ilman. ‘alima sebagai kata kerja yang berarti mengetahui. Qurais Shihab menjelaskan, kata ilmu dengan berbagai bentuknya dalam Al-Quran terulang 854 kali.

Dalam pandangan Al-Quran, ilmu adalah keistimewaan yang menjadikan manusia unggul terhadap makhluk-makhluk lain guna menjalankan fungsi kekhalifahan. Hal ini tercermin dari kisah kejadian menusia pertama dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 31-32.

Beranjak dari ayat diatas, menuntut ilmu memang wajib sejak masih kecil. Kemudian setiap hendak belajar pasti akan menemukan rintangan. Artinya kita belajar harus sabar dan sedikit demi sedikit.
Berikut beberapa sifat yang harus ada pada orang yang menuntut ilmu yaitu:

1. Aqidah harus Ahli sunnah Waljamaah, artinya mengikuti perintah Rasulullah, mengikuti sunnahnya dan berbuat yang baik artinya terus mengajak kepada kebaikan.

2. Iklas dan Tulus, dalam mempelajari agama Allah kita harus iklas dan tulus.

3. Taqwa, yaitu menjalani apa yang diperintahkan dan menjauhi larangannya.

4. Mengamalkan ilmunya, mencari ilmu itu wajib kemudian setelah mendapatkan ilmu maka jangan sungkan dan pelit untuk mengamalkannya, jika tidak? Maka akan sia-sia saja.

5. Sabar, terakhir sifat yang harus ada pada anda yang menuntut ilmu adalah sabar. Setiap perjalanan dalam mencari ilmu itu tidak selamanya mulus, ya sesekali pasti akan merasakan hambatan dan mungkin anda bisa berpikir akan mundur. Ingatlah Allah itu tidak akan menguji kita lebih dari batas kemampuan.

Selain itu patuh kepada guru itu juga penting, kenapa, kok bisa? Jawabannya ya bisa lah, karena pusat ilmu itu adalah guru, memang bisa juga mendapat dari berbagai sumber lain. Misalnya dari buku, google, dan media pembelajaran lainnya. Tapi tahukah anda, menuntut ilmu tanpa ada guru, maka itu tidak sah.


Ada pertanyaan ? silahkan komen pada kolom komentar dibawah ini... thank ya untuk tidak berkata kasar.  

No comments