Memberikan Hutang, Ini Pahala yang Akan Kamu Peroleh


BERHUTANG sesuatu pasti dikarenakan ada sesuatu kebutuhan yang harus terpenuhi. Akan tetapi bisa jadi orang yang diberikan sedekah tidak membutuhkan. Apabila dikatakan kepada orang yang berhutang, “Ini yang saya berikan bukan hutang, tetapi sadaqah untukmu”, perkataan tersebut kebanyakan tidak sesuai.

Dengan ini jadi membuat sakit hati kepada orang tersebut. adapun berutang tidak sampai membuat sakit hati seperti menerimah sedekah. Akan tetapi orang yang memberikan hutang bisa jadi nanti pada waktu yang cocok dia membebaskan hutangnya tersebut.

Oleh karena itu, orang yang memberikan hutang kepada orang lain hanya karena Allah SWT tanpa berharap faidah dari dunia, itu lebih makbul dibandingkan dengan yang bersedekah kepadanya.


Rasulullah SAW bersabda, “Memberikan hutang, lebih baik dari pada memberikan shadaqah kepadanya.”

“apabila seseorang mempermudah orang lain yang sedang dalam kesusahan, Allah SWT akan mempermudah orang tersebut baik di dunia maupun dia akhirat.”

Yang pantas untuk seorang muslim adalah selalu memudahkan semua umat manusia. Misalkan: Tidak mengharapkan utang yang telah diberikan kepada orang fakir atau memberikan waktu kepadanya untuk membanyar utang tersebut dan lain sebagainya.


Apabila memungkinkan langsung membantu orang yang sedang membutuhkan. Orang yang mulia seperti ini, maka dia akan melihat balasannya di dunia dan akhirat, mendapatkan anugerah Allah SWT dan pertolongan_Nya.

Semoga dengan artikel bisa membuat kita sadar dan mau membantu orang yang sedang membutuhkan pertolongan.

No comments