Tidak Mampu Berkurban? Lakukan Ini

 
Foto ; Google
KEBANYAKAN muslim pasti gemar berkurban, apalagi yang faham dan mempunyai harta lebih, setiap tahun pasti akan mengeluarkan kurban terbaiknya.
Tak menutup kemungkinan juga bagi orang-orang yang mempunyai harta paspasan, ia juga ikut andil mengeluarkan kurbannya, dengan niat yang iklas dan berharap balasan dari Allah.

Apakah anda ingat, daging hewan yang bisa dimakan dagingnya ketika disembelih diucapkan “Bismillah Allahu Akbar”, maka daging hewan tersebut adalah halal. Dalam proses penyembelihan, pengeluaran darah juga berguna untuk membersihkan darah kotor atau najis hewan tersebut.

Dalam kurban atau najis terdapat jamuan untuk hamba-hamba Allah SWT. Berkurban merupakan suatu pengorbanan di jalan Allah SWT, wujud rasa syukur terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, sebagai wasilah untuk mendapatkan pahala dan mendekatkan diri dari kepada Allah SWT, dan juga sebagai benteng agar bisa terhindar dari bencana.

Kurban, Siapa yang tidak mau?

Di berbagai belahan penjuru dunia, setiap harinya ratusan ribu hewan disembelih. Pada hari Raya Idul Adha, semua lapisan masyarakat termasuk orang-orang miskin pun dapat mengambil manfaat dan menikmati daging ataupun kulit hewan kurban.

Lantas bagaimana dengan orang yang tidak mampu berkurban? Apa yang harus mereka lakukan!

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan oleh muslim yang tidak mampu berkurban

Orang yang tidak mampu berkurban karena kekurangan harta hendaknya mengerjakan shalat sunah 6 rakaat pada hari pertama hari raya Idul Adha setelah shalat zuhur.

Niat shalatnya seperti ini, “Ya Rabbi, hamba-Mu tidak bisa berkurban. Untuk menggantikan kurban tersebut, saya mengurbankan diri sambil meletakkan diri saya ke lantai (bersujud), semoga Engkau mengabulkan shalatku sebagai pengganti seperti orang-orang yang berkurban.”

Setiap rakaatnya membaca:
Rakaat ke-1  : 1 kali Al-Fatihah, 1 kali Al-Qadr.
Rakaat ke-2  : 1 kali Al-Fatihah, 1 kali Al-Kautsar,
Rakaat ke-3  : 1 kali Al-Fatihah, 1 kali Al-kafirun,
Rakaat ke-4  : 1 kali Al-Fatihah, 1 kali Al-Iklas,
Rakaat ke-5  : 1 kali Al-Fatihah, 1 kali Al-Falaq,
Rakaat ke-6  : 1 kali Al-Fatihah, 1 kali An-Nas,
Setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam.


Demikian beberapa langkah bagi orang yang tidak mampu berkurban, semoga bisa sediti membantu dan bisa diambil manfaat.

No comments