Apa yang Dilakukan Seorang Imam Sebelum Memimpin Shalat?

 
Foto : Ilustrasi
MENJADI seorang imam sudah menjadi suatu kebanggaan bagi seseorang, bagaimana tidak, ia memimpin jamaahnya dari awal hingga selesai shalat.

Namun, saat anda menjadi imam tidak semudah memimpin rapat di organisasi, namun dalam aturan menjadi imam mempunyai tanggung jawab yang lebih besar.

Seorang imam shalat hendaknya tidak langsung memimpin shalat, sampai yakin betul bahwa jamaah bersamanya telah siap ruhnya, siap barisannya dan fisik mereka. Maka dari itu, seorang imam perlu mengambil beberapa langkah penting.


Langkah-langkah terpenting yang harus dilakukan oleh seorang imam sebelum memimpin shalat adalah:

Pertama, membersihkan niat hanya mencari ridha Allah dan kemulian di sisi Allah SWT.

Kedua, dengan penuh rendah diri dan kekhusyukan melihat kearah barisan jamaah dan meluruskan barisan shalat serta mengecek jangan sampai ada celah atau barisan yang tidak lurus.

Bila ada celah dan dibiarkan, maka setan akan menyelinap di dalam barisan orang-orang yang shalat berjamaah seperti anak-anak kambing. Ingatlah jamaah dengan mengucap salah satu redaksi berikut.

Rapatkanlah shaf-shaf kalian, saling berdekatanlah dan luruskanlah dengan leher-leher (kalian), karena demi zat yang jiwaku berada di dalam genggaman-Nya, sesungguhnya aku melihat setan masuk dari celah-celah saf seakan-akan dia adalah kambing kecil.” (HR. Abu Dawud)


Kemudian dalam sebuah hadis yang diriwayatkan HR. Bukhari) dalam kitab, Bad-il Wahyi, 1/184, no. 723.
Artinya: “luruskanlah barisan kalian sebab lurusnya barisan shalat merupakan tegaknya shalat.” (HR.Bukhari).

Ketiga, menghadaplah ke arah kiblat dengan pebuh kekhusyukan, dan ingatlah bahwa anda sedang memimpin jamaah shalat. Maka, kesempurnaan shalat sangat tergantung pada anda (imam).

Keempat, lakukanlah semua gerakan shalat dengan thuma’ninah (tenang) tidak tergesa-gesa, sehingga bisa diikuti jamaah dengan penuh kekhusyukan.

Jadi, itu langkah-langkah yang harus dilakukan seorang imam sebelum memimpin shalat, baik tidaknya, sukses tidaknya saat pelaksanaan shalat tergantung dari imam. Jika imam semangat maka jamaah juga akan semangat, namun begitu juga sebaliknya. semoga artikel ini bisa sedikit membantu anda para calon imam muda.

*Cru Semangat
*Seru Kebajiikan

No comments