Ini Alasan Kenapa Muslim Rohingya Harus Kita Bantu

Ilustrasi
PELANGGARAAN serius Hak Asasi Manusia telah di alami oleh penduduk di negara bagian Rakhine, terutama komunitas Rohingya selama puluhan tahun karena tindakan sewenang-wenang pemerintah Myanmar.

Eskalasi konflik antar tentara Myanmar dengan kelompok bersenjata etnis rohingya, yang mengungsi ke perbatasan Bangladesh setelah konflik bersenjata menewaskan setidaknya 400 warga sipil.

Situasi ini diperparah dengan rangkaian penangkapan dan pembunuhan yang menimpa para pembela HAM di Myanmar dalam melakukan kerja mereka melaporkan pelanggaran HAM. Berbagai tindakan persekusi ini telah menimpa para aktivis HAM, pastor, jurnalis, pengacara dan siapapun yang dianggap kritis akan pelanggaran HAM yang dilakukan militer Myanmar.

Lantas, dari aksi tersebut apakah kita hanya tinggal diam saja, sambil melihat dan merekam jeritan kaum Muslim Rohingya disana?


Siapa yang membela agama Allah dan siapa yang tidak. Ini seperti yang disebutkan di dalam Al-Qur’an, artinya;

“... dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan Rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (QS 57 : 25).

Yang ditindas, yang diterjang itu adalah muslim, bukan yang lain. Kebanyakan dari kita tidak peka atau mereka jarang melihat media baik itu Televisi, Radio, dan Portal berita yang memberikan informasi terkait Musibah yang menimpa Rohingya. Jadi mereka tidak sadar kalau umat seagama sedang membutuhkan bantuannya, bantuan yang kita berikan tidak mesti harus turun ke lokasi. Tapi jika memungkinkan kesana pasti akan lebih bagus karena itu sudah dihitung ‘Jihad’.

Bantuan lain yang bisa kita berikan dengan mudah ialah do’a, do’akan mereka agar dimudahkan mencari perlindungan, do’akan mereka selamat, do’akan mereka agar bisa hidup damai.

Firman Allah SWT, Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong (agama) Allah sebagaimana ‘Isa ibnu Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?” pengikut-pengikut yang setia itu berkata: “Kamilah penolong-penolong agama Allah”. (QS 61 : 14).


Ayat diatas adalah ansrullah yang bermakna penolong atau pembela Allah. Jadi jelas bahwa ini diperintahkan oleh Allah, bukan direka-reka oleh kaum Muslimin.

Jadi, apakah kita perlu membela (agama) Allah? Jawabannya adalah ya, perlu. Agar perbuatan ini menjadi saksi bahwa kita diam dan kita memilih untuk berada di pihak-Nya; agar kelak kita pun layak untuk mendapatkan pertolongan-Nya.


No comments